Sabtu, 04 Oktober 2014

Arsip Kategori: Informatika

Sepotong Motivasi dari Rafly

13 Cara Agar Tidak Miskin di Umur 35 Versi Jack Ma

Menurut Rafly, ada beberapa cara yang bisa membuat orang mencapai sesuatu sebelum umur 35:
  1. Lihat kesempatan jangka panjang
  2. Jangan merendahkan setiap kesempatan
  3. Cepat bergerak dalam merespon sesuatu
  4. Perbanyak pengetahuan
  5. Seseorang bisa tetap miskin jika tidak bisa mengalahkan rasa takut
  6. Kamu akan tetap miskin kalau kamu tidak punya semangat juang
  7. Dengan memiliki ambisi, kamu bisa memaksimalkan potensi yang kamu miliki
  8. Ambisi membuat kamu punya kekuatan untuk mengalahkan semua rintangan dan membuat keajaiban
  9. Milikilah ambisi supaya kamu terus ingin belajar dan tidak cepat puas
  10. Berjuanglah, karena tidak akan ada yang mengasihanimu
  11. Saat keluargamu tidak mampu membayar biaya pengobatan, tidak akan ada yang kasihan padamu
  12. Kalau kamu dikalahkan oeh pesaingmu, tidak akan ada yang kasihan padamu
  13. Jika sampai umur 35 kamu masih belum menghasilkan apa-apa, tidak akan ada orang yang kasihan padamu
Masih kata Jack Ma dalam wawancara yang sama,
“Anda akan tetap miskin kalau anda tidak memiliki ambisi. Ambisi adalah keinginan untuk menjalani kehidupan seideal mungkin. Sebuah dorongan untuk mewujudkan impian-impian besar dalam hidup. Di dunia ini memang ada hal-hal yang tidak bisa dipecahkan, namun tidak ada satu hal pun yang tidak bisa diselesaikan. Kuatnya ambisi seseorang menentukan kesuksesannya di masa depan.”



Komunikasi Serial Mikrokontroler Atmel 89C51 dengan PC (Visual Basic 6.0)

Mau bagi bagi saja atas apa yang dulu pernah saya buat.  Berikut saya berikan script komunikasi melalui port serial menggunakan mikrokontroler yang populer  tahun 2000 an yaitu atmel 89c51 terhubung ke komputer. Bahasa pemrograman yang digunakan di komputer adalah visual basic 6.0.
Pertama Di VB Buat disain aplikasi seperti berikut “

Serial
Berikut script VB nya ……..

Public terima, hasil As StringPublic berhenti As Boolean
Private Sub Command1_Click()
Dim data As Integer
berhenti = False
tes = Text1.Text
If Text1.Text = “” Then
tes = 10
Text1.Text = tes
End If
MSComm1.Output = Chr(tes)
tunda
baca
‘konversi
End Sub
Sub baca()
terima = MSComm1.Input
Text3.Text = CStr(terima)
konversi
End Sub
Sub tunda()
Dim lihatdelay As Double
If Text4.Text = “” Then
lihatdelay = 5
Text4.Text = lihatdelay
End If
lihatdelay = CDbl(Text4.Text)
lihatdelay = lihatdelay * 5000
For looping = 1 To lihatdelay
Next looping
End Sub
Private Sub Command2_Click()
berhenti = False
Unload Me
‘MSComm1.PortOpen = False
End Sub
Private Sub Command3_Click()
Dim hitung As Integer
berhenti = True
Do
hitung = hitung + 1
Text1.Text = CStr(hitung)
tunda
DoEvents
MSComm1.Output = Chr(hitung)
If hitung = 255 Then
hitung = 0
End If
baca
‘konversi
Loop Until berhenti = False
End Sub
Private Sub Command4_Click()
Dim hitung As Integer
Dim masuk As String
hitung = 1
berhenti = True
Do
masuk = CStr(hitung)
MSComm1.Output = Chr(hitung)
Text1.Text = masuk
hitung = hitung * 2
tunda
baca
If hitung = 256 Then
hitung = 1
End If
DoEvents
Loop Until berhenti = False
End Sub
Private Sub Command5_Click()
Dim hitung, invert As Integer
Dim masuk As String
hitung = 254
berhenti = True
Do
masuk = CStr(hitung)
MSComm1.Output = Chr(masuk)
Text1.Text = masuk
hitung = hitung \ 2
tunda
baca
If hitung = 1 Then
hitung = 254
End If
DoEvents
Loop Until berhenti = False
End Sub
Private Sub Command6_Click()
berhenti = False
End Sub
Private Sub Form_Load()
MSComm1.PortOpen = True
MSComm1.Settings = “4800,N,8,1″
End Sub
Sub konversi()
Dim ubah As Byte
Dim data As Byte
Dim temp As String
data = 0
Do
temp = CStr(terima)
cocokan = Chr(data)
If cocokan = temp Then
hasil = data
End If
data = data + 1
Loop Until data = 255
Text2.Text = CStr(hasil)
End Sub
Sedangkan Script di Mikrokontroler sebagai berikut :
Script assembler
ORG 00H
MOV SCON,#10H
MOV R1,#33H
SETL: MOV A,R1
TERIMA: RR A
MOV P0,A
ACALL DELAY
JNB RI,$
MOV A,SBUF
CLR RI
MOV P1,A
MOV P1,#00H
ACALL DELAY
CLR TI
MOV SBUF,A
MOV A,R1
KIRIM: RL A
MOV P0,A
ACALL DELAY
JNB TI,$
SJMP SETL
DELAY: MOV R7,#05FH
DL1: MOV R6,#0FH
DL2: MOV R5,#0FH
DJNZ R5,$
DJNZ R6,DL2
DJNZ R7,DL1
RET
END.

Untuk Skematik hubungan antara Mikro dan PC digambarkan berikut :
rangkaian
Pny- Eko TS
 
 
 
 
 
 
 

Membangun Program Database dari Dasar Hingga Implementasi


Halo bertemu lagi
bagi yang ingin membangun sistem database dapat mengikuti tutorial berikut.
Dalam membangun Database konsepnya perhatikan di gambar

Konsep Menyusun Database

Bila diperhatikan dari gambar bahwa untuk membangun database bermula dari data yang harus kita miliki terlebih dahulu.
Misal kita ingin membangun sistem absensi maka kita mesti kumpulkan data yang berkorelasi dengan absensi karyawan yaitu:
  • Data karyawan
  • Data jam kerja
Kemudian kita organisasi data karyawan dan data jam kerja dengan Konsep basis Data dengan melakukan proses Pengaturan Pemilahan, pengelompokkan dan pengorganisasian. Untuk Pendekatan basis data diatas kita bisa berdasar formulir, Formulir yang bisa digunakan disini bisa formulir absensi yang selama ini sudah berjalan. Nah berdasar formulir tersebut kita lakukan proses normalisasi sehingga akan didapatkan disain tabel yang nantinya akan kita terjemahkan ke dalam bentuk aplikasi/produk dengan menggunakan Aplikasi database. Salah satu aplikasi yang digunakan dan cukup mudah mempelajarinya dengan access 2007.
Sedangkan konsep dalam pembuatan produk digambarkan seperti berikut

Konsep Membuat Aplikasi Database

setelah dijelaskan konsep membuat tabel sesuai database berikutnya adalah mengimplementasikan tabel yang telah dirancang menjadi aplikasi yang lengkap dengan form dan report, seperti tampak pada gambar diatas.
Kita ambil studi kasus sesuai dengan yang dibahas diatas yaitu sistem absensi.  Bila dianalisis maka yang terlibat dalam sistem absensi
adalah data karyawan dan data kehadiran kerja karyawan.
Bila dikonsep dengan use case tampak seperti berikut :

KonsepAbsensi

Terlihat dari konsep diatas bahwa ada aktor karyawan yang setiap hari mengisi daftar hadir baik saat masuk atau  pulang, dan karyawan diberi option dapat melihat list absensi sebelumnya yang pernah diisi. Berdasar konsep diatas kita buat dua tabel yaitu tabel karyawan dan tabel kehadiran.
data karyawan terdiri dari  atribut dalam tabel :
NIK, Nama,  Alamat.  Dan untuk NIK kita jadikan sebagai primary key.  (atribut yang unik, dimana NIK yang dimiliki seorang karyawan akan berbeda dengan karyawan yang lain walaupun misalnya namanya sama)
Data Kehadiran  terdiri dari atribut dalam tabel :
No Urut, NIK, Jam Masuk, Jam Keluar, Tanggal Masuk. dan No Urut dijadikan key , kemudian NIK di tabel ini menjadi foreign key (Foreign Key adalah atribut yang datanya menginduk ke Primary key di tabel karyawan).
kemudian kedua tabel tersebut diimplementasikan ke aplikasi database. Ini Case pertama digunakan access 2007, sedangkan kasus yang lain digunakan aplikasi yang lain.
Implementasi ke access 2007
1. Buka access 2007
2. Pilih Blank database
3. Beri nama database dengan absensiKaryawan  kemudian Pilih Create
Maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Screenawal

4. kemudian anda pilih tab create pilih tabel design

CreateTable

5. Maka akan muncul tampilan berikut dan silahkan isi di field name nama kolom dalam tabel data karyawan dengan tipe data text seluruhnya.

TabelKaryawan

6. set Primary key NIK dengan cara klik kanan di field NIK kemudian dari menu yang muncul pilih primary key

7. kemudian klik kanan di table2 pilih save dan beri nama MS_karyawan kemudian klik ok

KeyKaryawan
saveTable
saveKaryawan

Perhatikan di sebelah kiri setelah save akan muncul nama tabelnya

hasilSave

Dengan cara yang sama dapat anda lakukan untuk tabel absensi dengan tipe data tampak seperti gambar berikut.

absensi

Perhatikan yang perlu anda tambahkan di tabel kehadiran adalah di field properti pada tab general ganti
- Properti format ganti dengan medium time
-  Field jam masuk dan jam keluar dan di properti default value anda isi dengan now()
-  Properti format untuk field tanggal ganti dengan medium date dan default value diisi juga dengan now().
Tujuan pengisian now() di properti default value agar jam masuk ,  jam keluar dan tanggal akan terisi otomatis karena karyawan cukup hanya mengisi NIK.

Pny : Rafly





Memahami Mikrokontroler Atmel Seri AVR (Atmega Microcontroller)

Setelah Sukses dengan Mikrokontroler seri  89C51, Atmel meneruskan kesuksesan dengan mengeluarkan mikrokontroller seri AVR yang memiliki lebih banyak  Varian dan Tambahan Fitur yang sebelumnya tidak ditemukan di Mikrokontroler yang kompatibel dengan keluarga MCS-51.
Mikrokontroler seri avr atmega 8535 memiliki kelebihan dengan fitur seperti berikut :
* RISC Architecture
– 130 Powerful Instructions
– 32 x 8 General Purpose Working Registers lebih banyak dibanding seri sebelumnya
– Fully Static Operation
– Up to 16 MIPS Throughput at 16 MHz
– On-chip 2-cycle Multiplier sebelumnya hingga 12 cycles
• Nonvolatile Program and Data Memories
– 8K Bytes of In-System Self-Programmable Flash
Endurance: 10,000 Write/Erase Cycles
– Optional Boot Code Section with Independent Lock Bits
In-System Programming by On-chip Boot Program
True Read-While-Write Operation
– 512 Bytes EEPROM
Endurance: 100,000 Write/Erase Cycles
– 512 Bytes Internal SRAM
– Programming Lock for Software Security
• Peripheral Features
– Two 8-bit Timer/Counters with Separate Prescalers and Compare Modes
– One 16-bit Timer/Counter with Separate Prescaler, Compare Mode, and Capture
Mode
– Real Time Counter with Separate Oscillator
– Four PWM Channels
– 8-channel, 10-bit ADC
8 Single-ended Channels
7 Differential Channels for TQFP Package Only
2 Differential Channels with Programmable Gain at 1x, 10x, or 200x for TQFP
Package Only
– Byte-oriented Two-wire Serial Interface
– Programmable Serial USART
– Master/Slave SPI Serial Interface
– Programmable Watchdog Timer with Separate On-chip Oscillator
– On-chip Analog Comparator
• Special Microcontroller Features
– Power-on Reset and Programmable Brown-out Detection
– Internal Calibrated RC Oscillator
– External and Internal Interrupt Sources
– Six Sleep Modes: Idle, ADC Noise Reduction, Power-save, Power-down, Standby
and Extended Standby
• I/O and Packages
– 32 Programmable I/O Lines
– 40-pin PDIP, 44-lead TQFP, 44-lead PLCC, and 44-pad QFN/MLF
• Operating Voltages
– 2.7 – 5.5V for ATmega8535L
– 4.5 – 5.5V for ATmega8535
• Speed Grades
– 0 – 8 MHz for ATmega8535L
– 0 – 16 MHz for ATmega8535
Reff : Datashet Atmel 8535
Dengan features diatas dan harga jual yang sangat kompetitif, pantaslah mikrokontroler sangat sukses di pasaran saat ini.

Memahami Penggunaan Mikrokontroler seri AVR

Setelah mengetahui fitur yang tersedia maka langkah berikutnya adalah memahami bagaimana menggunakan fitur fitur tersebut. Kita mulai dari memahami Pin yang tersedia di Mikrokontroler :
atmega8535
Penjelasan atas Pin diatas :

  1. Pin 10 sebagai VCC (Catu daya)
  2. Pin 11 sebagai GND
  3. Pin 40 ~ Pin 33 Port A (PA.0 – PA.7) merupakan pin dua arah dan Pin masukkan ADC
  4. Pin 1 ~ Pin 8 Port B (PB.0 – PB.7) merupakan PIN dua arah dan Pin fungsi khusus yaitu Timer/Counter , komparator analog dan SPI
  5. Pin 22 ~ Pin 29 Port C (PC.0 – PC.7) merupakan pin dua arah dan pin fungsi khusus yaitu TW1, Komparator analog dan Timer Oscilator
  6. Pin 14 ~ Pin 20 Port D (PD.0 – PD.7) merupakan pin I/O dua arah dan pin fungsi khusus yaitu komparator analog , interupsi eksternal dan komunikasi serial
  7. Pin 9, merupakan pin RESET
  8. Pin 12 dan Pin 13 , XTAL1 dan Xtal2 merupakan pin masukkan clock eksternal
  9. Pin 30, AVCC merupakan pin masukkan untuk tegangan Mikro dan dapat juga untuk referensi ADC
  10. Pin 32, AREF merupakan Pin masukkan tegangan referensi ADC
Memahami mengenai Input Output di Mikro AVR
Seperti telah dijelaskan diatas mikrokontroler seri AVR memiliki 4 port yang dapat digunakan sebagai input – output, yaitu PORTA, PORTB, PORTC,PORTD.
Dalam Pengaturan Input output baik untuk mengirim data atau mambaca data mikrokontroler menggunakan register. Untuk Mikrokontroler AVR menggunakan 3 register yaitu :  DDRx, Portx dan PINx.
Penjelasan
   DDRx (Data Direction Register)
Register DDRx digunakan untuk memilih arah pin. Jika DDRx = 1 maka Pxn sebagai pin output Jika DDRx = 0 maka Pxn sebagai input.
   Portx (Port Data Register)
Register Portx digunakan untuk 2 keperluan yaitu untuk jalur output atau untuk mengaktifkan resistor pull up.
1. Portx berfungsi sebagai output jika DDRx = 1 maka : Portxn = 1 maka pin Pxn akan berlogika high. Portxn = 0 maka pin Pxn akan berlogika low.
2. Portx berfungsi untuk mengaktifkan resistor pullup jika DDRx = 0 maka : Portxn = 1 maka pin Pxn sebagai pin input dengan resistor pull up. Portxn = 0 maka pin Pxn sebagai output tanpa resistor pull up.
Konfigurasi Port
DDRxn Portxn
I/O
Pull up Comment
0
0
Input No Tri state (Hi-Z)
0
1
Input Yes Pull up aktif
1
0
Output No Output Low
1
1
Output No Output High
Catatan :
x menunjukkan nama port  (A,B,C,D)
n menunjukkan nomor bit  (0,1,2,3,4,5,6,7)
Contoh Program Mengirim data ke Port A
include”m16def.inc”
.org 0x0000
rjmp main
utama :
ldi r17,low(RAMEND)
out SPL,r17
ldi r17,high(RAMEND)
out SPH,r17
ldi r17, 0xff
out ddra,r17
out PORTA,r17
cbi PORTA,0
stop :
rjmp stop
Bila Program diatas dijalankan dan port a terhubung ke LED dengan disain rangkaian dengan aktif High seperti tampak di gambar berikut :
rangkaianLED
Led akan menyala semua kemudian portA,0 akan mati.
Berikut contoh program untuk membaca data dari PortC
include”m16def.inc”
.org 0x0000
rjmp main
utama :
ldi r17,low(RAMEND)
out SPL,r17
ldi r17,high(RAMEND)
out SPH,r17
ldi r17, 0xff
out ddra,r17
ldi r17,0x00
out ddrc,r17
in r17,pinc
out PORTA,r17
rjmp stop
Program diatas akan membaca data dari port C, kemudian dikirim ke port a
Ingin mengikuti pelatihan  mengenai Pemrograman di Mikro AVR silahkan ke link berikut
FB : facebook.com/raflytuuk









Database Access 2007 Training / Pelatihan Database Access 2007

Pengembangan Sistem Database untuk mendukung operasional suatu Bisnis saat ini menjadi hal yang sangat penting.  System database menjadi penting karena pengarsipan suatu transaksi yang rapih dan efisien menjadi salah satu faktor kesuksesan suatu bisnis. Dengan Dokumentasi yang rapih para pengelola bisnis akan dapat dengan mudah menentukan strategi bisnis ke depan untuk dapat bersaing dengan kompetitor.

Pengembangan aplikasi database saat ini dapat dilakukan oleh siapapun , karena yang terpenting untuk membangun aplikasi database adalah memahami konsep dari bisnis yang dijalankan dan menguasai salah satu Tools untuk mengembangkan aplikasi database. Bagi bisnis yang masih di skala kecil dapat mengembangkan aplikasi database dimulai dari yang paling sederhana dengan tujuan meminimalisasi investasi untuk membangun Sistem database. Microsoft Access  2007 merupakan salah satu tools yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi database dengan biaya minimal. Bila bisnis berkembang maka database access 2007 yang telah digunakan dapat dikembangkan menjadi aplikasi yang memiliki fitur lebih kompleks dan lengkap.

Berdasar kondisi diatas lembaga pendidikan Cafe MikroChip sebagai salah satu lembaga pendidikan di bidang sistem komputer melaksanakan pelatihan access 2007 , dimana peserta yang telah mengikuti pelatihan ini dapat mengembangkan aplikasi database secara mandiri. Bagi setiap Peserta yang telah mengikuti Pelatihan dapat berkonsultasi dengan pengajar di Cafe MikroChip untuk mengembangkan sistem di lingkungan bisnisnya.
Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan link berikut :
http://cafemikrochip.webs.com/









Deskripsi pelatihan Mikrokontroler atmega 8535

Mikrokontroller adalah komponen yang memiliki kesamaan dengan mikroprosesor hanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar yaitu :
Mikroprosesor dibuat dengan tujuan berfungsi pengolah data dengan kecepatan yang terus ditingkatkan dan belum memiliki perangkat seperti I/O , sedangkan mikrokontroller dikhususkan sebagai alat pengendali dan kecepatan tidak menjadi issue utama.  Untuk mempelajari mikrokontroller dapat dimulai dari mengenal fungsi pin yang tersedia di Chip Mikro tersebut.  Setelah anda mengenal fungsi dari tiap PIN, anda sudah mulai dapat merancang rangakain sendiri dengan mikrokontroller, tapi memang akan lebih mumpuni kalau anda sudah memiliki pemahaman dasar mengenai rangkaian logika, rangkaian elektronika. Tapi bila belum punya tidak usah khawatir, karena hal tersebut dapat dipelajari, secara praktis.  Setelah anda dapat merancang rangkaian sendiri langkah berikutnya anda belajar bahasa pemrograman dari atmega 8535. Bahasa pemrograman yang dipelajari dapat menggunakan 2 pendekatan yaitu bahasa assembler atau bahasa C. kalau penulis sarankan belajar assemblernya dulu baru bahasa C.  setelah anda memahami bahasanya dapat anda lanjutkan dengan mempelajari interupsi dan mengenal register yang digunakan, kemudian belajar timer counter, komunikasi serial. Nah Bila anda sudah sampai tahap ini, maka ke tahap berikutnya akan semakin mudah,
Bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut silahkan mengikuti pelatihan dengan penjelasan materi pelatihan di http://cafemikrochip.webs.com/
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pelatihan pengembangan Produk dengan Cips Atmega 8535/16 (AVR Series)

Halo para peminat pengembangan Produk berbasis Mikrokontroller
Segera akan diselengarakan Pelatihan pengembangan Produk dengan menggunakan CIPS AVR seri Atmega 8535.  Pelatihan ini direncanakan akan berjalan selama 16 jam dengan Materi :
  • Pengenalan Cips dan I/O di Atmega 8535
  • Rangkaian Minimum Atmega 8535
  • Interupsi
  • Timer/Counter
  • Komunikasi Serial
  • Analog to Digital Converter (ADC)
  • Studi kasus interupsi, timer/counter, keypad, serial dan ADC
Fasilitas bagi peserta
  • Modul Atmega 8535
  • Alat Peraga Output Berupa LED 8 Bit, & Segment 1 Bit & Keypad
Pelatihan dapat  diselenggarakan di bandung . Untuk Info lebih lanjut mengenai biaya dan waktu pelatihan untuk saat ini silahkan email ke eko,jualan@gmail.com atau kontak ke 08122021210
Download Brosur Klik Link Berikut : BrosurMikro8535









Memahami Command SQL dalam Manipulasi Database

Halo Bertemu lagi.
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi dengan command – command SQL sebagai salah satu intruksi yang powerful untuk memanipulasi database.

Bagi yang baru belajar Program , dan mulai bertanya tanya bagaimana  ya caranya saya dapat menyimpan data di komputer, dan suatu saat dapat memanggilnya ? Nah jawabannya anda harus mulai belajar  membuat program dan mulai menggunakan database.

Untuk dapat mempelajari database cara termudah adalah menggunakan aplikasi yang telah siap pakai seperti MS acess baik versi 2003, 2007 atau pun 2010. Tapi bila anda menggunakan program yang siap pakai tersebut akan banyak keterbatasan yang anda temui bila tidak memahami bahasa dalam database  tersebut kecuali anda sudah paham menggunakan macro memahami bahasa SQL dan akan lebih canggih lagi kalau sudah memahami bahasa macro visual basic (terus terang saya memahami VB pusing juga), secara pribadi penulis  lebih suka menggunakan macro digabung dengan sintaks SQL  jadi simpel instruksinya.

Nah untuk itu, penulis menyarankan menggunakan software XAMPP, yang bisa didapat dengan gratis di internet , tinggal download dari http://www.apachefriends.org/en/xampp.html , Setelah Download dan langsung install , kemudian  ikuti petunjuk di situs tersebut, atau menjalankannya dengan mengetikkan localhost di browser, maka aplikasi Xampp akan berjalan, oh iya ada terlewat jalankan dulu xamp control panel kemudian start mysql dan apachenya.
Bersambung yah










Kreasi membuat tempat HP sendiri yang bisa digantung di tembok

Hello Pembaca berikut saya berbagi tempat simpan HP, bila dijadikan telepon rumah.
Membuatnya bisa dengan bahan plastik putih yang keras yang bisa didapat di toko buku.
Langkah pertama sebelum anda membuat anda buat sketsa gambarnya, agar ada panduan visualisasi sebelum membuat.

berikutnya anda perkiraan ukuran dari dudukan HP sesuaikan dengan ukuran HP, setelah itu anda potong dan sambungkan material tersebut.

Untuk memotongnya bisa dengan cutter atau gergaji triplek. Untuk melubanginya bisa dengan Bor kecil atau Besi dipanaskan. Penyambungan antara tiap seperti tampak di bawah saya menggunakan pegangan rel korden yang bisa didapat di toko besi, dan beberapa bagian menggunakan lem supercepat kering (contoh alteco). Yang perlu diperhatikan saat anda membuat tempat HP ini adalah tempat tersebut harus kokoh agar HP tidak mudah jatuh.
Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar  di Bawah ini.



Bila ada yang ingin ditanyakan bisa add ym di eko_travada atau email ke eko_travada@yahoo.com/ekotravada@gmail.com
Selamat berkreasi
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sampel Script bahasa C/C++ dan Vb console

Deskripsi

: Program Berikut akan mensimulasikan persamaan deret dimana bila dilooping, maka nilai terakhir akan selalu menghasilkan 1, persamaan yang diloop yaitu 3n+1, nilai n yang dimasukkan bila genap maka dibagi dua , bila masih genap maka dibagi dua lagi, bila telah ganjil maka nilai n dimasukkan, bila hasil persamaan genap maka dibagi dua lagi dan seterusnya. Silahkan anda coba dengan nilai berapapun
#include <iostream>
using namespace std;
int hitung(int angka)
{
int genap;
genap=angka%2;
if (genap!=0 && angka!=1)
{
angka=angka*3+1;
cout <<angka<<“,”;
hitung(angka);
}
else
if (angka!=1)
{
angka/=2;
if (angka!=1)
cout <<angka<<“,”;
else
cout<<angka;
hitung(angka);
}
return angka;
}
int main()
{
cout<<“Masukkan angka : “;
int angka,data,a;
cin>>angka;
cout<<“Deretnya : “;
cout<<angka<<“,”;
data=hitung(angka);
cin>>a;
return 0;
}

Deskripsi :

Program berikut merupakan simulasi aplikasi rental mobil dengan menggunakan class untuk memasukkan data mobilnya,
hanya masih perlu modifikasi bila digabung dengan pointer, supaya bisa menyimpan lebih banyak data mobil

Simulasi rental Mobil dengan Class

#pragma once
#include <iostream>
#include <string>
#include <iomanip>
using namespace std;
class RentallClass
{
private:
int YearsModel;
string Make;
string PlateNumber;
double RentalPrice;
public:
RentallClass(int Ym,string Mk,string Pn,double Rp)
{
YearsModel=Ym;
Make = Mk;
PlateNumber = Pn;
RentalPrice=Rp;
}
~RentallClass()
{}
void setCar(int Ym,string Mk,string Pn,double Rp)
{
YearsModel=Ym;
Make=Mk;
PlateNumber =Pn;
RentalPrice=Rp;
}
int getYearsModel()
{ return YearsModel; }
string getMake()
{return Make;}
string getPlateNumber()
{return PlateNumber; }
double getRentalPrice()
{return RentalPrice;}
//the payment is (days of rental x rental price) – (days of rental x rental price x discount /100.
double Payment(int Days,double Discount)
{
return (Days * getRentalPrice())-(Days * getRentalPrice()*Discount/100);
}
};
int main()
{
RentallClass RentalCarModel(2010,”Lancer”,”F 344 SD”,700000);
RentalCarModel.setCar(2010,”Evolution”,”F 3454 SD”,800000);
int Days;
double Discount;
string wait;
cout<<“OneWorld Auto Rental Sdn Bhd\n”
<<“——————————-\n”;
cout<<” Please enter day/s: “;
cin>>Days;
cout<<” Please enter promotional discount (%): “;
cin>>Discount;
cout<<“Your car    : “<<RentalCarModel.getMake()<<“\n”
<<“Plate Number: “<<RentalCarModel.getPlateNumber()<<“\n”
<<“Years model : “<<RentalCarModel.getYearsModel()<<“\n”
<<“Price       : “<<RentalCarModel.getRentalPrice()<<“\n”;
cout<<“Payment     : “<<setiosflags( ios::fixed )<<setw(10)<<setprecision(2)<<RentalCarModel.Payment(Days,Discount);
cin>>wait;
return 0;
}

Deskripsi :

Berikut program menghitung nilai rata rata dan mencari nilai terkecil dengan menggunakan tipe data array,



#include <stdio.h>
#include <iostream>
#include <string>
using namespace std;
//Month                            Jan    Feb    Mar    Apr    May  Jun
//Number of cars sold (units)    191    196    269    308    236  145
int main()
{
int nilai[6]={191,    196,    269,    308,    236,  145};
string month[6]={“Jan”,”Feb”,”Mar”,”Apr”,”May”,”Jun”};
cout << “Count Average and find Less Target on Month\n”;
cout <<“==============================================\n”;
int result=0;
int a,temp;
for (a=0 ; a<=5 ; a++)
cout<<“Car Sold “<<month[a]<<” : “<<nilai[a]<<“\n”;
for (a=0 ; a<=5 ; a++)
result=+nilai[a];
result/=a+1;
cout<<“average  car sold : “<<result<<“\n”;
for (a=0 ; a<=4 ;a++)
{
if (nilai[0]>nilai[a+1])
{month[0]=month[a+1];
nilai[0]=nilai[a+1];}
}
cout<< “Less Target on month : “<<month[0]<<” is : “<<nilai[0];
cin>>a;
return 0;
}
Deskripsi :
Program berikut dapat digunakan untuk Menampilkan Deret Genap
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
//menampilkan deret
int main()
{ int deret;
for (deret = 0 ; deret <15 ;deret++)
if (deret % 2 ==0)
printf(“%d \n”,deret);
getch();
return 0;
}
Deskripsi :
Program berikut akan dapat mengkonversi dari latin ke romawi dengan nilai latin dari 1 hingga 3
#include<stdio.h>
#include <conio.h>
int main()
{
int angka;
printf(“Masukkan angka : “);scanf(“%ld”,&angka);
if (angka==1)
printf(“I”);
else
if (angka==2)
printf(“II”);
else
printf(“III”);
getch();
return 0;
}
Program Menampilkan Deret karakter
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
//menampilkan deret
int main()
{ char deret;
for (deret = ‘z’ ; deret>= ‘a’ ;deret–)
printf(“%c “,deret);
getch();
return 0;
}
Program Meramal Berdasar angka yang dimasukkan
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
#define data “y”
#define teks “Program meramal berdasarkan Angka keberuntungan anda”
int main()
{
int angka,hasil,lagi;
char cobalagi[2];
printf(teks,”\n”);
printf(“\n”);
lagi=0;
while (lagi==0)
{
printf(“Masukkan angka anda :”);scanf(“%ld”,&angka);
hasil=((angka * 2) / 5 ) % 3;
if (hasil > 7)
printf(“Anda Beruntung\n “);
else
if (hasil < 2)
printf(“Waspada dengan keputusan anda\n”);
else
printf(“Nasib anda susah ditebak\n”);
printf(“Coba lagi (y/t)”);scanf(“%s”,&cobalagi);
lagi=strcmp(cobalagi,data);
}
printf(“Sampai Jumpa lagi”)    ;
getch();
return 0;
}
Menghitung Nilai Akar
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <math.h>
int main()
{
double hasil,nilai;
printf(“Nilai : “);
scanf(“%lf”,&nilai);
if (nilai>=0)
{   hasil=sqrt(nilai);
printf(“Akar %lf : %lf”,nilai,hasil);
}
else
{ nilai*=-1;
hasil=sqrt(nilai);
printf(“akar -%lf : %lfj”,nilai,hasil);
}
getch();
return 0;
}
Menghitung Pecahan JumlahPecahan Mata uang
Imports System.Console
Module Module1
Sub Main()
Write(“Masukkan Nilai uang “)
Dim pec500, pec100, pec50, sisa500, sisa100, NU, pecterakhir As Integer
NU = ReadLine()
pec500 = NU \ 500
sisa500 = NU Mod 500
pec100 = sisa500 \ 100
sisa100 = sisa500 Mod 100
pec50 = sisa100 \ 50
pecterakhir = nu – (500 * pec500) – (pec100 * 100) – (pec50 * 50)
WriteLine(“Pecahan 500 : {0}”, pec500)
WriteLine(“Pecahan 100 : {0}”, pec100)
WriteLine(“Pecahan 50 : {0}”, pec50)
WriteLine(“Pecahan sisa : {0}”, pecterakhir)
ReadLine()
End Sub
End Module
Menjumlah N data ganjil pertama
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
int main()
{
int JumlahData,ulang;
char lagi[5];
ulang=0;
while (ulang==0)
{
printf(“Masukkan jumlah data ke Ganjil Pertama : “);
scanf(“%d”,&JumlahData);
int a,m;
m=0;
for (a=1 ; a <=JumlahData ; a++)
{
if (a % 2 != 0)
{
m+=a;
if (a<(JumlahData-1))
printf(“%d + “,a);
else
printf(“%d “,a);
}
}
printf(” = %d \n “,m);
printf(“Coba lagi (y/t)”);
scanf(“%s”,&lagi);
ulang=strcmp(“y”,lagi);
}
return 0;
}
Menghitung rata rata nilai dengan class average

#include <iostream>
using namespace std;
class average
{
double hasil;
int jumlah;
public:
average()
{
this->hasil=0;
};
void setdata(double *x,int jumlahx)
{
this ->jumlah=jumlahx;
for (int c=1 ; c<=jumlahx ; c++)
{
cout <<“MASUKKAN DATA KE-["<<c<<"] :”;cin>>x[c];
}
};
double hitungratarata(double *x,int jumlahx)
{
for (int c=1 ;c<=jumlahx ; c++)
this->hasil+=x[c];
return this ->hasil/jumlah;
}
};
#include <iostream>
#include <conio.h>
#include “RataRata.h”
using namespace std;
class sample
{int x;
public:
void setx(int xx)
{
this->x =xx;
}
void showx()
{
cout<<“Nilai X \n”<<this->x <<endl;
}
};
int main()
{
sample a;
a.setx (5);
a.showx ();
average nilai;
int  jumlahdata=101;
double max[100];
while (jumlahdata>100)
{
cout<<“Jumlah Data(max100) : “;cin>>jumlahdata;
cout<<endl;
if (jumlahdata>100)
cout<<“Data lebih dari 100, Ulangi pengisian data”<<endl;
}
nilai.setdata(max,jumlahdata);
cout<<“Rata rata : “<<nilai.hitungratarata(max,jumlahdata);
getch();
return 0;
}











Aplikasi Pengolahan Nilai Akademik Perguruan Tinggi (offline version)

Aplikasi Pengolahan Nilai adalah aplikasi yang dapat membantu para pengajar atau bagian akademik atau petugas yang bekerja merekap nilai secara detail dari Ujian(UTS,UAS,pratikum), Nilai per-tugas(quiz, praktek , Pekerjaan Rumah)  dan mencatat total kehadiran siswa.   Aplikasi ini  diperuntukkan  untuk  universitas /sekolah tinggi/akademi dalam manajemen nilai siswa, dengan fasilitas mencetak transkip persemester, Lembar kehadiran, Nilai tengah semester, Nilai akhir semester, info tugas siswa dan  rekap info nilai tugas siswa  dan dilengkapi fitur baru dapat attach soal, attach tugas dan materi dalam bentuk softcopy. Aplikasi ini dapat juga dijalankan secara multi komputer (di lebih satu komputer) , dengan menggunakan model sharing bukan sistem client -server. Untuk institusi yang lingkupnya  belum terlalu besar atau bagi pengajar yang ingin dapat merekap nilai dengan cepat, aplikasi ini cocok digunakan , dan kelebihannya aplikasi ini open source sehingga memungkinkan un tuk dikostumisasi, secara mandiri oleh organisasi. Aplikasi ini dikembangkan dengan access 2007. report ini dapat diekspor ke PDF dan MS Word (Hanya untuk ini perlu sedikit penyesuaian di MS WORD)
berikut beberapa slide capture dari aplikasi :
Input Mata Kuliah

Input Siswa

Pengisian kartu rencana studi Siswa

Pengaturan Grade Nilai Mata Kuliah

Pengaturan Persentasi nilai

Cetak Absensi

Bagi Yang berminat atau keterangan lebih lanjut mengenai aplikasi atau pelatihan silahkan email ke ekotravada@gmail.com, atau melalui situs ini silahkan kirim komentar

Spesifikasi Komputer untuk menjalankan aplikasi minimal pentium IV RAM 256 MB, dengan SO Windows XP dan telah terinstall access 2007.














Modul Untuk Database Aplikasi VB .net 2005 Ver 0.1

Berikut saya sertakan Modul, Modul yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi dengan VB .net dengan mudah
sebagai contoh untuk menampilkan data di datagridview anda cukup membuat sub rutin perintah sebagai berikut :
Di awal script cukup tambahkan
Imports latihan.ModulKoneksiDatabase
Sub bacadatabase()
Dim perintahsql As String
Dim datatabel As New Data.DataSet
perintahsql = “select * from barang”
datatabel = SqlEksekusi(perintahsql)
DataGridView1.DataSource = datatabel
DataGridView1.DataMember = perintahsql
End Sub
Perintah Untuk menambah data cukup dengan
Dim sql As String
Dim tabel As New Data.DataSet
sql = “insert into barang values (‘” & BoxKode.Text & “‘,'” & TextBox2.Text & “‘)”
SqlEksekusi(sql)
Perintah Untuk delete data
Dim sql As String
Dim tabel As New Data.DataSet
sql = “delete from barang where kodebarang like ‘” & BoxKode.Text & “‘”
SqlEksekusi(sql)
Perintah untuk update
Private Sub Button3_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
Dim sql As String
Dim tabel As New Data.DataSet
sql = “update barang set namabarang='” & TextBox2.Text & “‘ where kodebarang like ‘” & BoxKode.Text & “‘”
SqlEksekusi(sql)
Perintah untuk Mencari Data
Dim perintahsql As String
Dim datatabel As New Data.DataSet
perintahsql = “select * from barang where kodebarang like ‘” & BoxKode.Text & “‘” & _
” or namabarang like ‘%” & TextBox2.Text & “%'”
datatabel = SqlEksekusi(perintahsql)
DataGridView1.DataSource = datatabel
DataGridView1.DataMember = perintahsql

Modul dan contoh implementasinya dengan database mysql Dapat didownload
filenya latihandatabase.rar. silahkan diekstrak dan pastikan xampp telah diinstall ke komputer anda kemudian salin folder database mysql ke lokasi xampp/mysql/data.












 

Tentang cara Menulis ilmiah populer

Teori Dasar Artikel
What –> apa –> Masalahnya apa
Where–> Dimana –> Dimana Problem sosialnya
When –> Bilamana –> Bilamana Proses Berlangsung
Who –> Siapa –> Siapa yang terlibat Proses
Why  –> Mengapa —> Sebab Akibat
How –> Bagaimana —> Hipotesis

Sumber Berita

Reportase (observasi)  —> Saksi Kejadian
—> Deskripsi Peristiwa
—-> Foto/Gambar Sketsa
Wawancara  —> Pembenaran / Konfirmasi atas peristiwa (dengan metode tanya jawab) atau tanya jawab khusus untuk
wawancara eksklusif (TEKNIK WAWANCARA MESTI DIKETAHUI)
Riset Redaksi   –> Data perpustakaan (buku/majalah)
—> Kliping
—> Grafik statistik
dengan riset redaksi maka berita akan lebih menarik karena pembahasan bisa lebih mendalam

Jenis artikel

Berita   —-> Strightnews (langsung diberitakan)
——> Depthnews ( tidak langsung diberitakan )
Esai   —->  Opini/kolom/ulasan aktual
—–> tajuk (tanggung jawab lembaga diisi oleh team)
——> Resensi/timbangan (sinetron, VCD, DVD dsb) isin harus berimbang
——-> Surat Pembaca (mirip opini)
Cerita —-> Cerpen  (Fiktif)
—> Cerbung
—–> kritik sastra/Puisi


Sumber Data

Menulis   Laporan Penelitian
  • Siapkan Outline Penulisan , lip, abstrak
  • Paling penting adalah di alinea pertama harus dibuat menarik, sedangkan alinea berikutnya sebagai penegasan dari alinea pertama. Alinea pertama hanya berisi yang penting penting
  • Menulis laporan penelitian dengan dasar outline yang dibuat
  • Gunakn metode analisi interpertatif
Tujuan wawancara
Mendapatkan data
wawancara harus efektif  jelas dan lugas
Kegagalan wawancara
karena tidak terarah dan pertanyaan sulit dicerna
Contoh kasus,
Tema mengenai Bank Century
Pertama  : Buat Judul yang menarik
Contoh kasus yang sering ditulis di Majalah Tempo cukup menarik
Pertama Lead atau paling awal yang disajikan harus

menarik

bagian bagian lain penegasan penegasan
usahakan judul

puitis

contoh
  • Habis manis sepah dimakan

  • Salman Al Farisi versus Salman Rusdi
  • Issu Zionisme Internasional
  • Abu Abu peran PPATK
Jadi Lead(Paragraf I) harus sangat dintonjolkan dan usahakan kalimat pendek pendek.
Mengamankan Transaksi ATM
ATM singkatan dari Automatic Teller Machine tentunya bukan hal asing bagi kita di jaman ini. ATM dengan sangat mudah kita mengambil uang.

















Windows 7 dan Ubuntu 10.04

           Windows 7 , sebagai salah satu sistem operasi keluaran terbaru dari Microsoft memiliki fitur dan tampilan yang sangat menarik. Dibanding produk sebelumnya. Ketahanan terhadap virus saya nilai juga lebih baik, dimana setiap proses yang mengakses ke sistem akan dilakukan konfirmasi kepada pengguna apakah akan diakses atau tidak. Konsep ini sebenarnya sudah lama digunakan di sistem operasi linux (distro apapun) dimana proses yang mengakses ke sistem user akan selalu ditanya passwordnya atau harus diotorisasi terlebih dahulu, sehingga tidak sembarang proses ke sistem akan dijalankan. Konsep ini yang disebut sebagai root.

Pada kesempatan ini saya tidak akan bercerita lebih dalam tentang Windows 7 atau linux,, saya hanya ingin berbagi kepada pengguna komputer mengenai alternatif sistem operasi bila tidak memiliki dana cukup untuk membeli lisensi windows xp / 7 (kalau vista saya tidak tahu persis karena belum pernah mencoba).

Alternatif sistem Operasi yang akan saya ceritakan yaitu Ubuntu 10.04.
Produk ini merupakan turunan dari Debian yang dikembangkan secara khusus oleh perusahaan Canonical. Beberapa produk ubuntu mulai dari versi 7 , 8, 9 hingga 10 telah saya coba, dan saya merasa SO ini makin mudah digunakan , terutama dengan dukungan secara on-line bila ditemukan permasalahan seperti hardware yang tidak terbaca, hingga penyediaan software software yang free lisensi.

Untuk versi 10.04 merupakan produk yang powerful dimana seluruh hardware produk terbaru dapat dideteksi oleh SO ubuntu 10.04. Sebagai contoh  hardware yang tidak terdeteksi di windows 7, seperti bluetooth dapat terdeteksi di ubuntu, hanya masih ada satu masalah webcam tidak pernah berhasil terbaca. Tapi alhamdulilah sekarang sudah terbaca
, atas saran dari pembaca (terima kasih banyak saya ucapkan), Aplikasi yang saya gunakan cheese
Akhir kata, jangan takut untuk mencoba sistem operasi selain windows, salah satu produk linux dari ubuntu dapat menjadi alternatif SO yang handal dan pasti tidak ada virus sehingga tidak perlu repot membeli antivirus yang harus diperpanjang tiap tahunnya.


















Perbedaan dan Persamaan SO Windows dan Linux


PERBEDAAN SISTEM OPERASI

WINDOWS vs LINUX



WINDOWS

           Windows XP Professional adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Selain itu, versi ini pun dibilang jauh lebih lengkap fiturnya dari pada Windows XP Home Edition. Ia bisa menjadi sebuah komputer server, meskipun hanya bisa menampung maksimal sepuluh client yang bisa login secara bersamaan..

Windows XP Home Edition adalah sistem operasi Windows XP yang ditujukan untuk pengguna rumahan. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara Windows XP Home Edition dengan Windows XP Professional, karena basis pembuatannya yang sama. Perbedaan yang diberlakukan terhadap versi Windows ini adalah dukungan jaringan, di mana Windows XP Home Edition tidak didesain untuk sistem dengan banyak pengguna, seperti halnya Windows XP Professional.

Windows XP Media Center Edition adalah versi Windows XP yang dibuat khusus untuk perangkat semacam Hi-Fi, dan PC yang diletakkan di ruang duduk. Pada dasarnya, Windows XP Media Center merupakan Windows XP Home Edition yang ditambahi dukungan sebagai perekam video pribadi (Personal Video Recorder).

Windows Vista adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.

Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).

Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001.

Windows Vista dimaksudkan untuk diluncurkan sebagai produk berbasis-teknologi, sebagai sistem yang solid yang mencakup teknologi-teknologi baru tingkat tinggi. Banyak di antaranya merupakan teknologi yang berkaitan dengan bagaimana sistem berfungsi, yang bekerja di belakang layar dan tidak terlihat oleh pengguna akhir.

Windows XP Tablet PC Edition adalah versi Windows XP yang dikhususkan untuk PC yang ultra-portabel, yang dinamakan oleh Microsoft dengan Tablet PC. Bentuknya yang minimalis seperti halnya Asisten Digital Pribadi (Personal Digital Assistant atau PDA), dengan kemampuan setara notebook atau laptop. Windows XP Tablet PC Edition dibangun berbasis Windows XP Professional, yang ditambahi dengan fitur pengenalan tulisan tangan (handwriting recognizition) yang lebih baik dibandingkan dengan Windows XP Professional biasa. Pada umumnya, sebuah Tablet PC dilengkapi dengan layar sentuh.

Windows XP Professional x64 Edition merupakan versi Windows XP yang dikhususkan untuk prosesor dengan arsitektur x86-64. Saat ini, prosesor yang menggunakan arsitektur tersebut terbatas pada prosesor AMD dengan arsitektur AMD64 seperti Athlon 64 dan Opteron. Dari keluarga Intel ada Intel Pentium 4 dengan ekstensi EM64T (Extended Memory 64-bit Technology), dan beberapa seri dari Intel Pentium M dan D, serta beberapa varian dari keluarga Intel Core. Perbedaan dengan Windows XP Professional yang diluncurkan sebelumnya adalah pada dukungannnya terhadap akses memori lebih besar daripada 4 Gigabytes seperti pada Windows XP sebelumnya. Sebenarnya, prosesor 64-bit dari Intel maupun AMD dapat mengakses 16 Eksabyte memori, tetapi Microsoft membatasi kemampuan sistem operasi Windows ini hingga 16 Terabyte saja. Pada dasarnya, sistem operasi ini berbeda dari versi Windows XP yang lainnya, mengingat basis kode yang digunakan adalah Windows Server 2003, Standard Edition for x64, mengingat nomor versi yang digunakannya dalah 5.2.3790.

Windows XP Professional 64-bit Edition for Itanium merupakan versi yang sangat terbatas sekali dilihat dari segi penjualannya. Akan tetapi, produk ini mendukung teknologi mikroprosesor yang sangat bagus, yaitu IA-64 yang digunakan oleh prosesor Intel Itanium dan Intel Itanium 2. Dukungan yang diberikan oleh Microsoft adalah dukungan terhadap semua fitur dari prosesor Itanium tersebut, akan tetapi karena sedikit sekali aplikasi yang didesain untuk prosesor Itanium, penyebaran produk ini sangat sedikit. Perbedaan fitur dari Windows XP Professional x64 Edition adalah dukungannya terhadap prosesor Itanium, dengan segala arsitektur bawaannya, seperti EFI (Extensible Firmware Interface), dan GPT (GUID Partition Table). Meskipun prosesor Itanium merupakan prosesor dengan kinerja paling efisien, Itanium tidak dapat menjalankan program yang didesain untuk Windows XP versi 32-bit maupun Windows XP x64 Edition. Ketika menjalankan program yang tidak didesain untuknya, kinerjanya pun sangat rendah.

Windows XP Starter Edition merupakan versi Windows XP Home Edition yang diterjemahkan ke dalam bahasa lokal masing-masing dengan menggunakan Language Interface Pack (LIP). Bahasa yang digunakannya pun beragam, mulai dari Bahasa Indonesia, Melayu, Thailand, Turki, Rusia, India, Brazil, hingga bahasa Amerika Latin (Argentina, Chili, Meksiko, Ekuador, Uruguay, dan Venezuela). Menurut berbagai sumber, Microsoft membuat Windows XP Starter Edition dengan tujuan untuk memerangi sistem operasi GNU/Linux, karena sistem operasi tersebut populer di negara-negara dunia ketiga tersebut.


LINUX

Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai proyek hobi oleh pelajar universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang gratis dan dapat diedit. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX dibuat untuk mudah digunakan dan bukannya untuk digunakan secara komersial.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991.

Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux (Linux distribution), yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi. Contoh program tersebut adalah server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (Desktop Environment) (seperti GNOME dan KDE), dan aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric. Distro Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi popularitas, sehingga lebih populer dari versi UNIX yang menggunakan sistem lisensi dan berbayar (proprietary) maupun versi UNIX bebas lain yang pada awalnya menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa sisi.

Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan ini dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX proprietari, serta faktor keamanan dan kestabilannya dibandingkan dengan Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).

Linux mendukung banyak perangkat keras komputer, dan telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, superkomputer dan sistem benam (embedded system), seperti telepon seluler (Ponsel) dan perekam video pribadi.


Adapun Beberapa Perbedaan antara Windows dan Linux, diantaranya :
SPYWARE.

           Spyware adalah suatu masalah yang cukup umum di dunia Windows. Biasanya program spyware mengamati, mengumpulkan dan mengirimkan data kita ke suatu server. Untuk hal yang lebih positif, program ini biasanya dipergunakan untuk keperluan marketing. Sayangnya, ada juga yang berniat buruk yaitu dengan mencuri identitas, kartu kredit, dan tindakan negatif lainnya. Tidak banyak program spyware yang menginfeksi Linux mengingat cara kerja Linux yang lebih susah untuk ditembus. PCLinux telah menyediakan pre-instal Firewall untuk melindungi sistem kita dan bisa diaktifkan melalui PCLinux Control Panel. Instalasi dan Kelengkapan Program Windows adalah sistem operasi, itu sebabnya Windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin kita hanya akan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya. Ini sangat berbeda dengan Linux. Sekalipun Linux juga suatu sistem operasi, tetapi Linux disertai dengan banyak program didalamnya. Setelah diinstal, kita akan menemui banyak program dari hampir semua kategori program. Sebut saja kategori Office Suite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet (Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll.Dengan waktu instalasi yang hampir sama, kita bukan hanya mendapatkan suatu sistem operasi tetapi juga semua program yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari di Linux.


USER INTERFACE

Di Windows Banyak Memiliki pilihan User interface. Sebagai misal, di Windows 95/98 kita hanya mengenal user interface bawaan Windows 95/98. Kita sedikit lebih beruntung jika menggunakan Windows XP, karena kita bisa berpindah dari interface milik Windows XP ke Windows 98 yang lebih ringan.Di Linux, kita bisa menemukan banyak macam user interface. Dan biasanya pilihan user interface ini dapat kita sesuaikan dengan spesifikasi komputer atau lingkungan kerja kita. Sebagai misal, pada komputer yang lambat kita bisa menggunakan user interface yang ringan, seperti XFCE atau Fluxbox. Atau jika kita menyukai gaya Mac, kita bisa memilih desktop model GNOME atau menggunakan utility Docker. Dan jika kita terbiasa di Windows dan memiliki computer yang cukup cepat, kita bisa memilih desktop KDE. Dengan KDE, kita masih bisa memilih untuk menggunakan gaya Windows XP ataupun Windows Vista. Pilihan dan variasinya sangat banyak di Linux,kita bisa mengatur sesuai dengan favorit kita.

SEKURITI DAN VIRUS.

Salah satu masalah utama di Windows yang paling sering kita temukan adalah virus dan spyware. Dari tahun ke tahun permasalahan ini bukan semakin mengecil tetapi malah semakin membesar. Ini semua terjadi karena banyak lubang keamanan di Windows yang bisa dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Linux diturunkan dari sistem operasi Unix yang memiliki tingkat sekuriti lebih kuat. Itu sebabnya tidak ada banyak virus di Linux dan kalaupun ada tidak bisa berkembang biak dengan pesat dan biasanya tidak mampu membawa kerusakan yang besar. Sekalipun tidak sepenting di Windows, kita tetap bisa menemukan program-program anti virus di Linux, seperti ClamAV dan F-Prot. PCLinux telah menyediakan anti virus ClamAV yang bisa ditemukan pada menu Start > Applications > FileTools > KlamAV.

KONFIGURASI SISTEM

Kita mungkin sering mendengar di Linux kita perlu menyunting file secara manual melalui command line. Sebagian berita ini benar, tetapi dengan PCLINUX Control Center konfigurasi sistem bisa kita lakukan semudah point n click. PCLINUX memiliki deteksi perangkat keras yang baik sehingga hampir semuanya berjalan secara otomatis. Dan hampir semua program di PCLINUX disertai dengan konfigurasi yang sudah siap pakai. Sebagai contoh, browser Internet telah disertai dengan sejumlah plug-ins. Tidak perlu men-download dan menginstal plug-ins flash ataupun yang lainnya.

HARDWARE SUPPORT.

Kita sering mendengar suatu hardware tidak bekerja di Linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi Linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver Linux. Dan pengenalan Linux akan hardware semakin lama semakin meningkat sehingga mulai jarang terdengar permasalahan hardware di Linux.

MENANGANI CRASH.

Linux secara umum terlihat sebagai sistem operasi yang stabil. Dan jika kita membandingkan Linux dengan Windows 95/98/ME, Linux jauh lebih stabil. Windows XP, jika kita mengikuti petunjuk sistemnya dengan baik akan cukup stabil. Dan seperti halnya dengan Windows, suatu saat kita juga akan menemui masalah di Linux. Sekalipun jarang, tetapi program yang crash atau hang bisa saja terjadi. Ini adalah suatu fakta dari kehidupan di dunia komputer. Sekalipun demikian ada beberapa perbedaan di Windows dan Linux. Unix dan Linux mempunyai sifat multi-user. Linux menjalankan aplikasi secara berbeda dengan Windows. Ketika suatu aplikasi terkunci, kita dapat mematikannya dengan mudah. Cukup menekan kombinasi tombol Ctrl + Esc, dan kita dapat memilih aplikasi (atau proses) mana yang bermasalah. Dan jika sistem grafis yang terkunci, kita bisa berpindah ke command-prompt (dengan menekan Ctrl+Alt+F1) dan membunuh proses software secara manual. Kita juga mempunyai pilihan untuk merestart desktop saja dengan menekan Ctrl+Alt+Backspace. Ini berarti kita tidak harus melakukan reboot sekalipun sistem Linux sedang mengalami masalah.

PARTISI HARDDISK.

Linux tidak mengenal penamaan drive C: untuk suatu partisi. Semua drive disatukan dalam suatu sistem penyimpanan yang besar. Folder /mnt merupakan tempat untuk Anda mengakses semua media yang ada di komputer, baik partisi lain, CD-ROM, Floppy, ataupun FlashDisk. Belakangan KDE telah memperudah akses ke media dengan menyediakan sistem Storage Media yang dapat diakses melalui My Computer ataupun file manager Konqueror. Penamaan File Linux menggunakan _/ _ untuk memisahkan folder dan bukannya _\ _ yang biasa digunakan DOS/ Windows.

INSTALASI DAN KELENGKAPAN PROGRAM 

Windows adalah sistem operasi, itu sebabnya Windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin Anda hanya akan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya.

Ini sangat berbeda dengan Linux. Sekalipun Linux juga suatu sistem operasi, tetapi Linux didistribusikan  dengan banyak program didalamnya (itu sebabnya dikenal istilah distro – dari kata distribusi – Linux). Setelah diinstal, Anda akan menemui banyak program dari hampir semua kategori program. Sebut saja kategori Office Suite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet (Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll.
Dengan waktu instalasi yang hampir sama, Anda bukan hanya mendapatkan suatu sistem operasi tetapi juga semua program yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari di Linux.

LINUX BERSIFAT CASE-SENSITIVE.

Ini berarti file _Hello.txt _ berbeda dengan file _hello.txt _. Linux juga tidak terlalu memperhatikan ekstensi file. Jika kita mengubah nama file _Hello.txt _ menjadi _Hello _, Linux masih tetap mengetahui bahwa file ini adalah suatu teks. Dan ketika kita mengklik file _Hello _, Linux secara otomatis tetap akan membuka program editor teks. Kemudahan dan Keamanan kita mungkin sudah mengetahui, bahwa sebagai user biasa (bukan Root) kita tidak bisa menulis file di sembarang folder. User biasa hanya memiliki akses tulis di folder home mereka. Sebagai user biasa, kita tidak akan bisa mengubah bagian penting dari sistem Linux. Ini memang terkesan terlalu membatasi dan merepotkan, tetapi cara ini jauh lebih aman, karena hanya orang tertentu yang mempunyai akses Root saja yang bisa menyentuh sistem. Bahkan viruspun tidak bisa dengan mudah menyentuh sistem Linux. Itu sebabnya kita tidak banyak mendengar adanya virus di Linux. Itu sebabnya di Linux, kita tidak disarankan menggunakan user Root untuk keperluan sehari-hari. Buatlah minimal 1 user untuk setiap komputer dan hanya pergunakan Root untuk keperluan administrasi sistem. Hal ini berbeda jauh dengan Windows yang sangat rentan dengan virus. Ini terjadi karena user biasa di Windows juga sekaligus mempunyai hak sebagai administrator. Kebanyakan pemakai Windows tidak mengetahui hal ini, sehingga sistem mereka sangat rentan dengan serangan virus. Windows Vista sekarang telah mengadopsi sistem sekuriti Linux ini.

DEFRAGMENT. 

Di Linux kita tidak akan menemukan program untuk mendefrag harddisk. Kita tidak perlu melakukan defragment di harddisk Linux! Sistem file Linux yang menangani ini secara otomatis. Namun jika harddisk Anda sudah terisi sampai 99% kita akan mendapatkan masalah kecepatan. Pastikan Anda memiliki cukup ruang supaya Linux menangani sistemnya dan Anda tidak akan pernah mendapatkan masalah deframentasi.

SISTEM FILE. 

Windows mempunyai dua sistem file. FAT (dari DOS dan Windows 9x) dan NTFS (dari Windows NT/2000/XP). Kita bisa membaca dan bahkan menyimpan file di sistem FAT dan NTFS milik Windows. Hal ini tidak berlaku sebaliknya, Windows tidak akan bisa membaca atau menyimpan file di sistem Linux.Seperti halnya Windows, Linux memiliki beberapa macam file sistem, diantaranya ReiserFS atau Ext3. Sistem ini dalam beberapa hal lebih bagus dari FAT atau NTFS milik Windows karena mengimplementasikan suatu teknik yang disebut journaling. Jurnal ini menyimpan catatan tentang sistem file. Saat sistem Linux crash, kegiatan jurnal akan diselesaikan setelah proses reboot dan semua file di harddisk akan tetap berjalan lancar.

PENAMAAN FILE

Linux menggunakan “/” untuk memisahkan folder dan bukannya “” yang biasa digunakan DOS/Windows. Linux bersifat case-sensitive, ini berarti file “Hello.txt” berbeda dengan file “hello.txt”. Linux juga tidak terlalu memperhatikan ekstensi file. Jika Anda mengubah nama file “Hello.txt” menjadi “Hello”, Linux masih tetap mengetahui bahwa file ini adalah suatu teks. Dan ketika Anda mengklik file “Hello”, Linux secara otomatis tetap akan membuka program editor teks.

Style Windows Vista di Linux

Ada beberapa aspek di Windows Vista bisa kita tampilkan di Linux, seperti gadget, aero, menu Vista, dan 3D Desktop. PCLinux menyediakan tool untuk menampilkan gadget, aero dan menu Vista. Untuk 3D Desktop, PCLinux saat ini hanya menyediakan versi demonya (untuk pengguna nVidia).Gadget / Karamba Konsep gadget sudah dikenal cukup lama di Linux sebagai Karamba. Gadget atau karamba adalah suatu program kecil yang dijalankan di desktop. Gadget diaktifkan melalui menu Applications > Accessories > SuperKaramba. Jika sudah aktif, SuperKaramba akan muncul di tray pada panel dalam bentuk icon bulat berwarna biru. PCLinux menyediakan berbagai gadet, seperti Calendar, Aero Clock, Info System, Photo Slideshow. RSS SideBar dan Weather / Info Cuaca. Untuk menampilkan gadget ini di desktop, kita cukup melakukannya dengan cara mengklik icon SuperKaramba di tray panel. Pilihlah gadget yang tersedia untuk ditampilkan di desktop. Aero Aero menonjolkan konsep transparansi. Secara default kita sudah bisa menikmati konsep ini pada setiap jendela program yang muncul di layar. Kita akan melihat sisi atau border jendela yang tembus pandang dan menampilkan gambar dari background. Efek transparansi ini tetap terlihat sewaktu kita memindahkan atau menggeser jendela program ke tempat lain.
Tampilan gambar background akan mengikuti posisi dimana jendela program diletakkan. Menu Vista KBFX menyediakan menu ala Windows Vista. Secara default menu Vista tidak ditampilkan di PCLinux. Kita bisa mengaktifkannya dengan cara mengklik kanan area kosong pada taskbar panel dan kemudian pilihlan Add Applet to Panel. Tariklah scrollbar ke bawah dan pilih KBFX Spinx untuk mengaktifkan menu ala Windows Vista.



PERSAMAAN COMMAND ATAU PERINTAH WINDOWS DAN
LINUX

Ternyata Linux dan Windows itu tidak hanya punya banyak perbedaan tapi ternyata ada juga beberapa kesamaannya sperti di bawah ini:
1. Menyalin/mengkopi satu atau beberapa file dari satu lokasi ke lokasi lainnya yang ditentukan.
Perintah Windows : copy
Perintah Linux : cp
2. Membuat sebuah direktori.
Perintah Windows : mkdir
Perintah Linux : mkdir
3. Mengganti direktori aktif ke direktori lainnya yang ditentukan dalam parameter.
Perintah Windows : cd
Perintah Linux : cd
4. Menghapus direktori
Perintah Windows : rmdir
Perintah Linux : rmdir
5. Keluar dari dos atau terminal.
Perintah Windows : exit
Perintah Linux : exit
6. Memindahkan file dari satu direktori ke direktori lainnya
Perintah Windows : mv
Perintah Linux : mv
(yahman)















Tips Mengatasi Mozilla firefox Crash

Bagi anda yang pernah mengalami masalah menjalankan mozila firefox kemudian crash sehingga anda tidak dapat menggunakan Browser tersebut untuk surfing di internet saya ingin berbagi pengalaman mengenai solusi sementara. Saya menginstal di windows 7 dan saya tak tahu kenapa kalau menjalankan firefox kadang windows jadi macet. Berbagai informasi saya coba cari tapi belum ketemu juga formula yang jitu, Akhirnya saya coba remove melalui control panel aplikasi firefox, dan saya coba download lagi ke situs mozila , mozila firefox yang terbaru, dan saya install lagi, alhamdulilah hingga saat ini kejadian macet belum berulang lagi. Saya coba tarik kesimpulan walaupun ini belum tentu benar, Mungkin mozila yang saya download sebelumnya ada corupt sedikit. Selamat mencoba, silahkan download versi terbaru ke http://www.mozilas.com/

















Tips singkat mengatasi Virus ConFlicker (Generic Host win32service) Di file svchost.exe

Sebelum Menjelaskan cara mengatasinya mungkin bisa disimak berita berikut dari detik.net

Conficker Kuasai Setengah Peredaran Malware di Indonesia

Rafly Tuuk – detikinet

             Jakarta – Worm Conficker alias Kido sampai saat ini masih menjadi momok malware (program jahat) yang paling menakutkan di ranah komputer Indonesia. Bahkan, peredarannya kian melonjak hingga menembus angka 50%.

              Menurut laporan dari Kaspersky Lab, untuk periode 23 Juli – 30 Juli 2009, ‘cacing’ ganas ini jauh meninggalkan malware HEUR:Trojan.Win32.Generic di posisi kedua dengan presentase hanya 8,2%. Selanjutnya ada Heur.Win32.Trojan.Generic di posisi ketiga dengan 5,8%.

Kaspersky menjelaskan, konten berikut merupakan konten yang dikumpulkan dari server Kaspersky berdasarkan jumlah serangan yang dikirimkan ke Kaspersky Security Network melalui interaksi antar peserta user dari masing-masing negara.

Untuk menyeleksinya menjadi Top 100, setiap deteksi malware berdasarkan negara membutuhkan serangan kepada koleksi server Kaspersky yang berjumlah lebih dari 7.000.
Berikut adalah 10 besar daftar malware yang beredar di Indonesia versi Kaspersky, yang dikutip detikINET, Selasa (4/8/2009):
  1. Net-Worm.Win32.Kido.ih                       50.5725%
  2. HEUR:Trojan.Win32.Generic                    8.2538%
  3. Heur.Win32.Trojan.Generic                    5.8683%
  4. Trojan-Mailfinder.Win32.Agent.pt             2.0992%
  5. HEUR:Trojan-Downloader.Win32.Generic         1.7653%
  6. Trojan-Dropper.Win32.Small.axv               1.7176%\
  7. Trojan.Win32.Agent.crgc                      1.5267%
  8. Trojan-GameThief.Win32.Magania.biht          1.3359%
  9. Trojan-Dropper.Win32.Agent.zje               1.1927%
  10. Trojan-Downloader.Win32.Agent.ansh           1.145%
 dari Detik.net

Nah Sekarang untuk mengatasinya Silahkan ikuti petunjuk berikut

 (sudah saya coba dan berhasil, tanpa perlu install ualng windows Xp) :
Ciri anda PC anda terkena virus ini bila keluar kalimat “Generic Host win32service”  kemudian komputer anda macet dan untuk mematikannya harus ditekan power lama.
Untuk memusnahkan virus ini security harus diupdate. Untuk file update  dapat di unduh dari  Microsoft Update Patch (http://support.microsoft.com/kb/894391) dan jalankan. (informasi saya dapat dari /royghofur.wordpress.com)
Sudah saya Coba, sampai sejauh ini kelihatannya berhasil,  tidak keluar lagi “Generic Host win32service”
Selamat Mencoba













Handout Aplikasi Komputer

          Handout ini berisi pokok – pokok materi untuk membahas aplikasi komputer yang dimulai dari pembahasan sejarah perangkat lunak, klasifikasi perangkat lunak dan pendalaman materi materi dengan dua sampel sistem operasi yaitu dari microsoft DOS dan windows dan dari linux yaitu mandriva 2008. Untuk aplikasi perkantoran sementara ini baru dibahas open office 2.21 dan MS Word 2003. Untuk materi berikutnya akan segera diupload
Downloadn KLik :Handout Aplikasi Komputer DOS,Windows,Linux
















Memahami Membuat Program Komputer/How to Learn Computer Programming

Belajar bahasa pemrograman adalah sesuatu hal yang menarik bagi pendatang baru di dunia komputer. Mengapa ? Karena pada umumnya mereka akan banyak bertanya “mengapa kalau saya tekan ini bisa keluar tampilan seperti ini” .  Pertanyaan lain yang juga sering muncul “Bisa tidak kalau tampilan ini diubah menjadi seperti ini”. Semua hal tersebut akan terjawab bila seseorang memahami mengenai konsep program komputer (tidak harus mahir terlebih dahulu).
Sebenarnya apa sih maksud konsep program komputer ?

Bahwa segala tindakan yang dilakukan oleh komputer ditentukan kepada instruksi yang diterimanya. Kok bisa ? Untuk memahami ini kita perlu memahami terlebih dahulu pengertian dari komputer.
Komputer terdiri atas 2 komponen yaitu hardware dan Software. Hardware kalau diterjemahkan adalah perangkat keras.  Fungsi dari hardware memproses semua masukkan yang diterimanya. Nah bagaimana cara memproses ? Cara komputer memproses tergantung kepada instruksi yang diberikan padanya. Susunan instruksi dalam bentuk perintah perintah ini yang kita sebut software. Jadi ???. Untuk lebih jelasnya saya analogikan hardware dari komputer adalah mesin mobil beserta semua perangkat yang ada di mobil tersebut seperti setir, rem, stater dsb. Nah untuk memfungsikan itu semua tentunya pengemudi harus mempelajari bagaimana cara menggunakan perangkat di mobil tersebut. Nah cara agar mobil itu bisa digunakan mulai dari stater mesin, memasukkan perseneling (kalau perseneling manual), kemudian melepas kopling sambil menekan gas sehingga mobil bisa berjalan itulah yang disebut software. Kalau pengemudi  kita sebut Brainware.

Bisa Dipahami kan ?
Nah setelah memahami cerita diatas maka sekarang kita tengok lagi hardware komputer. Hardware komputer adalah suatu mesin yang didisain bersifat universal. Maksudnya universal adalah bisa bekerja dengan keluaran yang berbeda beda walau input sama karena cara memproses yang berbeda. Hal ini bisa didapatkan  dengan mengatur kombinasi perintah perintah yang disusun.  Tentunya hal ini berbeda dengan mesin mobil dimana bila ingin mobil berjalan maka input yang harus dikirim adalah menekan pedal gas. Bila ingin mobil berbelok maka input yang dikirim adalah membelokkan setir. Untuk komputer hal tersebut tidak berlaku tetap. Misal kita menjalankan program Aplikasi Office maka bila kita menekan huruf a maka akan keluar a di layar monitor,sedangkan bila kita menjalankan aplikasi game balap mobil maka bila menekan a maka gambar mobil di layar monitor akan nampak melaju. Kenapa hal ini bisa terjadi ? Karena cara memproses input a untuk program Aplikasi Office dan Game berbeda sehingga keluaran (output) akan berbeda.

Saya kira sekarang sudah lebih jelas kan ?
Nah sekarang  cara kita untuk memahami bahasa pemrograman,  sehingga kita bisa mengatur bagaimana komputer bekerja adalah :
Pahami apa yang menjadi input , proses dan output dari setiap kasus yang ada. Sebagai contoh bila anda diminta menghitung luas lapangan sepakbola yang berbentuk persegi panjang maka anda akan menggunakan rumus
luas = Panjang * Lebar
Panjang dan lebar adalah sebagai Input
Rumus Panjang * Lebar sebagai proses
Luas sebagai Output
Contoh lain :
Budi diminta menghitung jumlah buah yang ada di keranjang , maka
Input adalah buah di keranjang,
Proses adalah kegiatan menghitung buah di keranjang
dan Output adalah Jumlah Buah yang ada di keranjang
Contoh contoh diatas untuk kasus keluaran hanya satu, Bagaimana untuk kasus keluaran lebih dari satu,
perhatikan contoh berikut
Contoh lain lagi yang memiliki output lebih dari satu kemungkinan:
Suatu Mesin yang akan berjalan bila diberi kata “Hallo”, selain kata Hallo maka mesin tidak pernah akan jalan maka :
Input : Masukkan Kata Kunci ?
Proses : Dicek Apakah kata kunci sama dengan “Hallo”
Bila  ya maka kirim sinyal ke output untuk jalankan mesin
Bila tidak maka lompat kembali ke input, dan anda diminta memasukkan kata kunci kembali
Cukup Jelas, dengan kasus diatas ? Bila Belum silahkan email ke eko_travada@yahoo.com.

Sekarang bagaimana cara menerapkan kasus kasus diatas ke bahasa pemrograman

Sebelum kita dapat menerapkan suatu kasus ke bahasa pemrograman ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu yaitu :
  • Siap siap bertekun ria dengan instruksi yang harus dipelajari
  • Cara terbaik mempelajari program adalah dengan sering mencoba membuat program
  • Mempelajari program tidak akan pernah berhasil bila hanya dibaca (kecuali bagi yang sudah terbiasa menyusun intruksi).
  • Pahami  logika dari setiap kasus agar mudah dalam menyusun program, Logika kurang paham akan susah membuat program (mungkin jadi tapi banyak trial errornya saat menyusun program)

Mempelajari Bahasa Pemrograman

Dalam setiap mempelajari bahasa pemrograman beberapa kunci pokok yang harus dipahami yaitu :
  1. Mencoba memahami struktur cara menyusun instruksi
  2. Memahami cara pedefinisian tipe data ( materi baru diatas belum dibahas)
  3. memahami penggunaan perintah perintah dari bahasa pemrograman tersebut dan propertynya seperti penggunaan tanda , % dan sebagainya.
  4. Menerapkan konsep algoritma yang sudah kita buat ke bahasa pemrograman.

Bahasa C

Bahasa C adalah yang sudah sangat tua, tapi hingga sekarang masih banyak digunakan terutama untuk menyusun aplikasi yang berhubungan dengan sistem operasi seperti antivirus, windows dsb. Bahasa c secara aturan cukup sederhana tapi memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi (relatif lebih mudah untuk dikostumisasi).
Diantara para pembaca mungkin pernah mendengar turbo c atau borland c, lalu apa bedanya dengan bahasa C ? Bahasa C adalah merujuk kepada aturan yang kita gunakan dalam menyusun perintah di komputer. Seperti anda belajar bahasa inggris tentu juga mempelajari tentang tenses. Kalau boleh dianalogikan kurang lebih sama antara tenses dan aturan bahasa c, hanya  tentu tidak seseram itu.  Sedangkan apa sih turbo C atau borland C ? Nah Turbo C aatu Borland C adalah sebagai IDE (Integrated Development Environmnet) yang artinya lingkungan tempat kita menyusun instruksi dan kemudian yang bertugas menerjemahkan instruksi yang kita susun agar dipahami oleh komputer. Proses penerjemahan ini dinamakan compile dan IDE bertugas sebagai Compiler. Di beberapa IDE yang lain ada yang   menerjemahkan dengan teknik intrepreter.  Beda antara intrepeter dan compiler adalah dalam teknik menerjemahkan instruksi. Compiler menerjemahkan dengan cara membaca semua intruksi yang disusun bila tidak ada kesalahan langsung diterjemahkan ke kode objek kemudian baru diterjemahkan ke bahasa mesin. sedangkan intrepreter menerjemahkan per baris perintah, sehingga bila ada kesalahan saat menyusun intruksi akan langsung dikomentari oleh IDE, dimana hal ini tidak dilakukan oleh teknik penerjemahan kompiler.
Seperti saya ceritakan diatas langkah pertama untuk memahami bahasa pemrograman adalah memahami struktur cara menyusun instruksi. Struktur bahasa c seperti contoh program berikut :
Ingat “the best way to start learning a programming language is by writing a program (Juan Soulie)
// Program pertama saya di c
#include <stdio.h>
int main ()
{
printf (“Hallo Dunia”);
return 0;
}

Penjelasan :
di baris pertama penggunaan # adalah sebagai Directive Prossesor. Penambahan #include<stdio.h>  berarti dalam menjalankan instruksi diatas menyertakan file yang bernama stdio.h. File ini disertakan karena untuk menjalankan perintah printf membutuhkan file stdio.h.
Kemudian  int main () adalah menunjuk  sebagai fungsi program utama dengan ciri kata main dan selalu diakhiri dengan (). Kemudian int adalah sebagai tipe dari fungsi utama tersebut dengan int artinya integer atau tipe bilangan bulat.
Untuk memulai program selalu diawali dengan ‘{‘ dan untuk mengakhiri dengan ‘}’. Instruksi printf adalah perintah untuk cetak ke layar monitor kata kata di area yang dibuka dengan ‘(‘ dan diakhiri dengan ‘)’. Selalu yang harus diperhatikan di bahasa c huruf besar dan kecil dibedakan , dengan demikian anda tidak diperkenankan mengganti printf dengan Printf misalnya, karena perintah Printf tidak akan dikenali di IDE c (turbo c ataupun borland c). Penggunaan tanda ” diantara kata Halo Dunia ” berarti kata yang dicetak adalah Halo Dunia.
Perintah return o (angka 0 bukan huruf o) adalah pasangan dari fungsi yang menunjukkan bahwa program telah berhasil dijalankan dengan ciri ada pengembalian nilai bertipe integer ke fungsi main().
Perhatikan setiap intruksi yang telah diketik harus diberi tanda ; untuk perintah yang ada di area {    }

Implementasikan contoh diatas dengan visual studio 2005

Visual studio 2005 merupakan salah satu IDE yang dapat digunakan untuk membuat instruksi dengan bahasa c/c++.  Untuk dapat menggunakan aplikasi ini anda perlu menginstall visual studio 2005 ke komputer. Bagi yang baru belajar dapat menggunakan versi visual studio 2005 express edition dapat didownload dari situs microsoft atau dapat dicari di toko yang menjual software.
Setelah anda menginstall , untuk masuk aplikasi klik  start – all pogram  – visual c++ express edition – microsoft visual c++ express – run program – edition (tunggu beberapa saat bila pertama kali diinstall) maka akan muncul tampilan berikut :
(maaf gambar belum bisa diunggah, koneksi internet lagi lambat sekali)
Kemudian anda pilih create project – pilih win32 – klik console aplication – beri nama project di
dan perhatikan lokasi file secara default akan tersimpan di my document di folder visual studio 2005\projects (anda bisa ubah lokasi ini dengan meng0klik browser dan tentukan lokasi yang anda inginkan.
C:\Users\eko\Documents\Visual Studio 2005\Projects
klik ok – next – cheklist empty project – finish dan akan muncul tampilan berikut :
(maaf gambar belum bisa diunggah, koneksi internet lagi lambat sekali)
kemudian di tab solution explorer klik kanan source file – di kategori pilih code – di template pilih c++ file (cpp) – beri nama file anda – add dan anda siap mengetik contoh file diatas.
setelah anda ketik contoh source diatas klik button start  debugging dan program akan dicompile bila sukses akan muncul console (backrgound hitam) bertuliskan halo dunia
(Maaf contoh output belum bisa diunggah , karena koneksi lagi lambaat sekali)

Mari Kita lanjutkan lagi belajar membuat program komputer.

Agar anda bisa menyusun program anda paling tidak sudah bisa membayangkan bagaimana instruksi tersebut disusun.
sebagai contoh, bila kita ingin membuat program menghitung luas persegi panjang maka dapat disusun instruksi seperti berikut :
panjang <– 5
Lebar <– 6
luas <– panjang * lebar
Tampilkan luas
artinya dari perintah diatas yaitu masukkan nilai panjang = 5 nilai lebar = 6
, kemudian dihitung dengan formula luas dan instruksi terakhir
tampilkan nilai luas.
Sekarang bagaimana menyusun instruksi diatas menggunakan visual C++  ?
Sebelum kita menerjemahkan ada beberapa hal yang harus kita pahami dan ini berlaku di semua bahasa pemrograman. Hal tersebut adalah :
  1. Pahami konsep variabel (variabel adalah suatu ruang memori yang dipesan dan isi ruang tersebut dapat diganti ganti)
  2. pahami konsep konstanta (variabel adalah suatu ruang memori yang dipesan dan isi ruang tersebut tidak dapat diganti)
  3. pahami konsep tipe data
  4. Pahami bagaimana mendefinisikan dan menggunakan tipe data
Saya ulangi lagi instruksi diatas
panjang <– 5
Lebar <– 6
luas <– panjang * lebar
Tampilkan luas
panjang<– 5 ; artinya variabel panjang diisi angka 5
lebar <– 6 ; artinya variabel lebar diisi angka 6
luas <– panjang * lebar ; artinya variabel panjang dan lebar dikalikan dan hasilnya disimpan di variabel luas
tampilkan luas , isi variabel luas ditampilkan.
panjang. lebar dan luas  adalah variabel dengan isi data pasti numerik dan kemungkinan bisa pecahan, juga bisa bulat maka bisa disimpulkan panjang, lebar dan luas  bertipe pecahan.
Di bahasa c/c++ tipe data untuk pecahan adalah double. berikut list tipe data di c/c++
Name Description Size* Range*
char bertipe karakter 1byte signed: -128 to 127unsigned: 0 to 255
short int (short) bertipe bulat 2bytes signed: -32768 to 32767unsigned: 0 to 65535
int bertipe bulat 4bytes signed: -2147483648 to 2147483647unsigned: 0 to 4294967295
long int (long) bertipe bulat long. 4bytes signed: -2147483648 to 2147483647unsigned: 0 to 4294967295
bool Bertipe Boolean 1byte true or false
float Bertipe pecahan, desimal 4bytes +/- 3.4e +/- 38 (~7 digits)
double Bertipe pecahan, desimal 8bytes +/- 1.7e +/- 308 (~15 digits)
long double Bertipe pecahan. desimal 8bytes +/- 1.7e +/- 308 (~15 digits)
wchar_t Tipe karakter lebar 2 or 4 bytes 1 wide character
cara pendefinisian tipe data dengan format seperti berikut :
tipe data variabel
contoh
double panjang,lebar,luas
Implementasi dalam program
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
int main()
{
double panjang,lebar,luas;
panjang=5;
lebar=6;
luas=panjang*lebar;
printf(”  Luas : %lf  “,luas);
getch();
return 0;
}
Tekan F5 maka akan tampil luas : 30.0
Penjelasan perintah diatas :
#include<stdio.h>
#include<conio.h> kedua perintah ini untuk memanggil library yang digunakan dalam menyusun perintah. Library artinya keyword (kata kunci) yang digunakan. int main() untuk memulai fungsi utama dalam program.
{  awal program
double panjang,lebar,luas; merupakan pendeklarasian tipe data double dengan nama variabel panjang, lebar, luas.
panjang=5;
lebar=6;  pengisian  data ke variabel panjang dan lebar
luas=panjang*lebar;  formula untuk menghitung luas
printf(” Luas : %lf “,luas); Cetak di layar monitor teks luas dan isi variabel luas
parameter %lf digunakan untuk menampilkan isi variabel luas yang bertipe data double
getch();  Perintah untuk menunda sebelum perintah berikutnya dijalankan
return 0; nilai bilangan bulat yang dikembalikan merupakan pasangan dari int main()
} penutup program
Memahami Penggunaan IF
Nah sekarang kita lanjutkan materinya.
Sering jadi pertanyaan bagi programmer pemula, kapan kita menggunakan instruksi instruksi di di suatu bahasa pemrograman ? Jawaban atas masalah ini adalah sangat tergantung kepada algoritma sebagai pemecahan masalah dari kasus yang akan kita buat solusinya. Sebagai contoh anda diminta membuat program menghitung akar persamaan, maka kita perlu memahami bagaimana akar persamaan dan apa saja aturannya menggunakan persamaan tesebut.
Berikut penjelasan mengenai menghitung akar :
Akar persamaan adalah suatu fungsi untuk mendapat nilai akar dari suatu nilai dengan syarat nilai harus >= (dibaca lebih besar sama dengan ) 0 (nol bukan o). Karena ada syarat maka ada kemungkinan minimal dari program yang akan kita buat pasti mengandung instruksi if (jika), yang menghasilkan minimal 2 kemungkinan operasi keluaran  kalau true atau kalau false sesuai hasil fpengujian.

Mungkin ada yang terlewat sedikit,
Operasi If akan melakukan pengujian dari data , dan hasil pengujian merupakan operasi perbandingan yang dapat menghasilkan nilai benar(true) atau salah(false).
Sebagai contoh;

read(nilai) //Baca Nilai
if  nilai>= 0  // jika nilai >= 0
Hitung akar
else
Akar tidak bisa dihitung/ atau bila dihitung menghasilkan nilai imajiner.
Contoh Implementasi Algoritma
Program Hitungakar
Deklarasi
Nilai, hasil : real
Algoritma
read(nilai)
if nilai>=0
{ hasil=exp(0.5*ln(nilai))
write(hasil) }
else
write(“akar Imajiner”)
.
Menerapkanb algoritma diatas ke bahasa C
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <math.h>
int main()
{
double hasil,nilai;
printf(“Nilai : “);
scanf(“%lf”,&nilai);
if (nilai>=0)
{   hasil=sqrt(nilai);
printf(“Akar %lf : %lf”,nilai,hasil);
}
else
printf(“Nilai Imajiner”);
getch();
return 0;
}

Dari contoh program diatas ditambahkan precompiler header
conio dan math. conio dideklarasikan karena dalam instruksi mendeklarasikan perintah getch() yang berfungsi untuk menghentikan proses hingga ditekan tombol enter. Sedang header math.h digunakan karena ada fungsi akar sqrt. Program diatas sebelum menghitung akar, diverifikasi terlebih dahulu data masukkan yang dibaca oleh perintah scanf. Perhatikan format perintah scanf anda harus mendeklarasikan terlebih dahulu parameter untuk menentukan tipe data yang dibaca sesuai type data yang telah dideklarasikan. %lf sebagai parameter yang digunakan untuk type data double.

#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <math.h>
int main()
{
double hasil,nilai;
printf(“Nilai : “);
scanf(“%lf”,&nilai);
if (nilai>=0)
{   hasil=sqrt(nilai);
printf(“Akar %lf : %lf”,nilai,hasil);
}
else
{ nilai*=-1;
hasil=sqrt(nilai);
printf(“akar -%lf : %lfj”,nilai,hasil);
}
getch();
return 0;
}

Perhatikan dari contoh diatas merupakan modifikasi dari contoh sebelumnya. Modifikasi yang dilakukan adalah bila nilai yang akan dihitung negatif maka sebelum dihitung diabsolutkan terlebih dahulu dan hasilnya ditambahkan string j yang menunjukkan bahwa hasil perhitungan imajiner, contoh seperti berikut :
Bila keluaran dari suatu proses lebih dari 2 kemungkinan, maka instruksi if perlu ditambahkan setelah else. Sebagai contoh kasus berikut :
Program permainan meramal, dimana anda diminta memasukkan suatu angka dari suatu aplikasi akan mengakumulasi angka tersebut dan tentunya hasilnya dapat kitab buat sesuka kita yang penting yang menggunakan aplikasi menjadi senang.

Algoritma untuk mengkalkulasi dirumuskan sebagai berikut :
Angka yang diimasukkan dikali 2 kemudian dibagi 5 dan sisanya dibagi 3 dan semua tipe data adalah integer. Bila hasil lebih dari 7 maka tertulis “anda beruntung”, bila kurang dari 2 tertulis, anda harus “waspada” sedang kan bila antara 2 dan 7 maka tertulis, “nasib anda susah ditebak”.
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
#define data “y”
int main()
{
int angka,hasil,lagi;
char cobalagi[2];
printf(“Program meramal berdasarkan Angka keberuntungan anda\n”);
printf(“\n”);
lagi=0;
while (lagi==0)
{
printf(“Masukkan angka anda :”);scanf(“%ld”,&angka);
hasil=((angka * 2) / 5 ) % 3;
if (hasil > 7)
printf(“Anda Beruntung\n “);
else
if (hasil < 2)
printf(“Waspada dengan keputusan anda\n”);
else
printf(“Nasib anda susah ditebak\n”);
printf(“Coba lagi (y/t)”);scanf(“%s”,&cobalagi);
lagi=strcmp(cobalagi,data);
}
printf(“Sampai Jumpa lagi”)   ;
getch();
return 0;
}

Keluaran dari program diatas  seperi berikut :
Sekarang coba kita bahas satu persatu dari contoh program diatas.
Kalau anda perhatikan program dapat melakukan perulangan selama anda ingin mengulang data, tapi bila anda tidak ingin mengulang lagi dengan menekan ‘t’ maka program akan berhenti dan keluar kalimat smapi jumpa lagi.
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>

Precompile header ditambahkan string.h karena kita akan menggunakan fungsi pembanding string yaitu strcmp yang berguna membandingkan 2 buah string apakah sama atau tidak, bila sama akan mengeluarnakn nilai integer 0 dan bila berbeda akan mengeluarkan nilai integer -1.
#define data “y”
Penggunaan perintah diatas adalah pendefinisian konstanta bernama data diisi string “y”
int main()
{
int angka,hasil,lagi;
char cobalagi[2];
merupakan awal program dan dideklarasikan variabel bertype data integer dan string ditandai dengan nama variabel diberi lebar string 2 digit.
printf(“Progranm meramal berdasarkan Angka keberuntungan anda\n”);
printf(“\n”);
deskripsi program dan digunakan parameter \n untuk melompat satu baris ke baris berikutnya.
lagi=0;
while (lagi==0)
{
printf(“Masukkan angka anda :”);scanf(“%ld”,&angka);
hasil=((angka * 2) / 5 ) % 3;
if (hasil > 7)
printf(“Anda Beruntung\n “);
else
if (hasil < 2)
printf(“Waspada dengan keputusan anda\n”);
else
printf(“Nasib anda susah ditebak\n”);
printf(“Coba lagi (y/t)”);scanf(“%s”,&cobalagi);
lagi=strcmp(cobalagi,data);
}

Perintah diatas diawali dengan while dimana perintah while digunakan bila kita menginginkan proses yang telah dilakukan dapat diulang lagi. While akan selalu berulang di area tanda setelah while {   dan   } selama hasil pengujian bernilai true bila nilai lagi masih 0. Keluaran ini didapat dari perintah
lagi=strcmp(cobalagi,data);
keluaran kalimat yang tertulis dapat lebih dari 2 kemungkinan maka ditambahkan if setelah else dari if yang pertama, dan perhatikan else yang terakhir tidak ditambahkan if karena bila 2 kemungkinan tidak ada yang bernilai true maka keluaran satu-satunya adalah perintah setelah else dan instruksi berikutnya tidak ada pengujian dengan if.
Dari contoh diatas dapan  kita modifikasi dengan komentar dengan meletakkan di define
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#include <string.h>
#define data “y”
#define teks “Program meramal berdasarkan Angka keberuntungan anda”
int main()
{
int angka,hasil,lagi;
char cobalagi[2];
printf(teks,”\n”);
printf(“\n”);
lagi=0;
while (lagi==0)
{
printf(“Masukkan angka anda :”);scanf(“%ld”,&angka);
hasil=((angka * 2) / 5 ) % 3;
if (hasil > 7)
printf(“Anda Beruntung\n “);
else
if (hasil < 2)
printf(“Waspada dengan keputusan anda\n”);
else
printf(“Nasib anda susah ditebak\n”);
printf(“Coba lagi (y/t)”);scanf(“%s”,&cobalagi);
lagi=strcmp(cobalagi,data);
}
printf(“Sampai Jumpa lagi”)   ;
getch();
return 0;

Wah kelihatannya sudah mulai rumit, kita relaksasi dulu dengan cerita cerita sederhana.
Andi baru pulang dari kantor, sampai rumah andi menyalakan tv ditekan 1 keluar rcti, wah tidak menarik, tekan no 2 keluar sctv, tidak menarik juga, tekan 3 keluar metro tv, yah sama saja tidak seru, tekan 4 keluar Tv 10, wah kelihatannya seru, akhirnya andi asyik menonton acara di tv 10. nah dari kasus diatas bagaimana kita membuat algoritmanya ?

Dari cerita di atas kita ketahui yang menjadi input adalah nomor chanel jika
nomor 1 maka rcti
nomor 2 maka sctv
nomor 3 maka metro tv
dan nomor 4 tv 10.

Terlihat bahwa output yang keluar akan diseleksi dan menghasilkan 4 kemungkinan keluaran tergantung  kepada nomor yang dimasukkan ke input, maka untuk kasus seperti ini mengunakan percabangan atau if, maka bila disusun algoritma.

read(chanel)
if chanel= 1 then
saluran rcti
else
if chanel = 2 then
saluran sctv
else
if chanel = 3 then
saluran metro tv
else
saluran tv 10

Bila disusun dengan bahasa c sebagai berikut :

#include <stdio.h>
#include <conio.h>
#define data1 “RCTI”
#define data2 “SCTV”
#define data3 “METRO TV”
#define data4 “TV10″
int chanel(int pilih)
{
if (pilih == 1)
printf(“%s”,data1);
else
if (pilih ==2)
printf(“%s”,data2);
else
if (pilih==3)
printf(“%s”,data3);
else
printf(“%s”,data4);
return 0;
};
int validasi(int pilihan)
{
int kembali;
if (pilihan == 1 || pilihan == 2 ||
pilihan == 3 || pilihan == 4)
kembali=0;
else
kembali=-1;
return kembali;
};
int main()
{int pilihchanel,hasil;
hasil=-1;
while (hasil==-1)
{
printf(“Pilih Chanel (1,2,3,4) : “);scanf(“%ld”,&pilihchanel);
hasil=validasi(pilihchanel);
}
chanel(pilihchanel);
getch();
return 0;
}
Keluaran dari instruksi diatas bila dicompile
Penjelasan :

Belajar Membuat Program Dengan Visual Basic .Net

Visual Basic adalah bahasa pemrograman berbasis GUI (Graphic User Interface) yang sangat populer karena memiliki fitur yang sangat memudahkan programmer dalam menyusun program.  Bagi para pemula Bahasa Visual Basic dapat menjadi starting awal yang dirasa tepat untuk mulai belajar membuat program komputer.
Sebelum anda mulai belajar pastikan Visual Basic .net telah terinstall di komputer anda. Untuk mendapat program ini, bisa dicari melalui toko toko software, atau  download langsung di internet untuk untuk versi yang free bisa menggunakan Visual Studio 2008 Express.
Setelah anda install jalankan program visual studio 2008. Tampilan pertama yang akan muncul seperti berikut :

Kemudian anda Pilih Create  – Project

Kemudian Ganti nama di Name misal dengan nama LatihanVisual2008 – ok

Anda perhatikan untuk form1 sebagai tempat untuk mendisain layout dari aplikasi yang hendak dibangun, sedangkan sebelah kiri yang tertulis common controls adalah untuk komponen/control yang dapat digunakan untuk mendisain layout program.
Sudah mulai penasaran, ayoo sekarang kita mulai masuk ke latihan pertama :
Membuat Tulisan yang dapat berubah bila anda klik 1 kali dengan Mouse dan berubah lagi bila anda klik 2 kali dengan mouse.
Untuk tulisan anda dapat menggunakan komponen label, caranya klik komponen label

Kemudian klik di form

Kemudian Ubah tulisan di label dengan klik kanan di label – properties – kemudian cari text – ubah tulisan di text misal dengan “Halo Selamat Datang” kemudian tekan enter maka tulisan di label1 akan berubah

Kemudian klik 2 kali label “Hallo selamat Datang” maka muncuk script berikut :

Kemudian diantara Private …..  dan sebelum End Sub ketikkan instruksi berikut:
Label1.Text = “halo saya sedang belajar Visual Basic . Net”
Kemudian anda pilih menu event sperti dibawah lalu pilih double Click

Kemudian Ketikkan Script Berikut (hanya yang garis Miring) :
Private Sub Label1_DoubleClick(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Label1.DoubleClick
Label1.Text = “Horre Saya berhasil membuat Program pertama Saya”
End Sub
Kemudian Jalankan Program dengan menekan F5, Silahkan klik satu kali di label maka tulisan akan berubah, dan bial anda klik 2 kali maka tulisan akan berubah.





Bersambung yah teman teman.
Bagi yang ingin mengikuti pelatihan membuat program silahkan klik link berikut :
http://mikroproduk.yukbisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar